Home » » Islam sebagai Solusi Problematika Umat

Islam sebagai Solusi Problematika Umat

Written By Redaksi KAMMI on Friday, 17 October 2014 | 10/17/2014 03:02:00 pm

kammi, mahasiswa, islam, indonesia, islam dan perdamaian, islam dan peradaban, mahasiswa islam, dakwah, dakwah kampus, kammi semarang, kammi jateng, semarang, jawa tengah
Ketika kita menilik kondisi umat Islam, umat Islam kurang memahami hakekat Islam itu sendiri. Umat Islam semakin meninggalkan Islam sebagai pedoman hidup. Sedikit demi sedikit mereka mulai menjauh dari ajaran Islam, alhasil, umat Islam tidak memahami Islam secara komprehensif dan mereka tidak menerapkan Islam dalam setiap sendi kehidupan mereka. Sehingga Islam hanya dipahami sebagai ritual agama saja. Ketika Islam bersandingan dengan ekonomi, budaya, moral, hukum, politik, itu akan menjadi sebuah paradigma yang salah.
Hal ini terjadi salah satunya dipicu ketika bangsa barat memisahkan agama dan politik di masa keemasan mereka. Barat mungkin berhasil menguasai dunia, tapi caranya hanya membawa kesedihan kepada umat manusia. Banyak dari mereka yang tertekan dan melarikan diri ke Australia dan Amerika. Disanalah Barat mulai menyebarkan agama Kristen.
Pada masa akhir kekuasaan daulah utsmaniyah, khalifah pada masa itu mulai bertolak ke Barat. Sedikit demi sedikit meninggalkan ajaran Islam dan mulai mementingkan kehidupan dunia. Itulah awal runtuhnya dari khilafah Islam di bumi. Budaya mencintai dunia dan semakin kurangnya pemahaman akan Islam, mengantarkan umat Islam dalam masa keterpurukan.
Sekitar pertengahan abad ke 20, muncul gerakan Ikhwanul Muslimin yang cukup menggentarkan dunia bahkan gemanya masih sampai sekarang. Dari situlah pergerakan-pergerakan lain yang berbasis Islam semakin melejit di berbagai belahan dunia. Kesadaran umat Islam untuk kembali menerapkan Islam di berbagai sendi kehidupan terpatik. Umat Islam menyadari bahwa hanya Islamlah yang dapat menjawab solusi atas semua problematika umat.
Islam adalah sebuah susunan tata nilai yang komprehensif. Bagi negara yang ingin bangkit, Islam menawarkan sebuah model pemerintahan yang tidak dapat ditawarkan oleh ideologi yang lain. Islam mengatur masalah ekonomi, budaya, politik, hukum, pertahanan militer, dan sebagainya. Ia juga sejalan dengan nilai demokrasi yang begitu dijunjung tinggi manusia.
Islam mempunyai tiga kesempurnaan yang tidak pernah dimiliki oleh ideologi manapun. Pertama, kesempurnaan zaman: nilai-nilai Islam dapat digunakan di zaman manapun, dari zaman Nabi Adam bahkan sampai akhir dunia nanti. Kedua, kesempurnaan tempat: nilai-nilai Islam dapat diterapkan diberbagai belahan bumi. Nilai-nilai yang ada tetap sesuai dengan kebutuhan berbagai negara. Hal ini menandakan bahwa Islam fleksibel tidak kaku. Dan yang terakhir, kesempurnaan isi: Islam mempunyai tatanan nilai yang sempurna bersumber dari Al-Qur’an dan hadist. Segala aturan yang berkaitan dengan hubungan antara makhluk dengan sang pencipta, antar manusia, antar makhluk hidup sudah tercantum jelas dikeduanya.
Itulah sedikit bukti bahwa Islam mampu menjadi solusi atas problematika umat. Umat Islam harus kembali untuk menegakkan Islam di setiap sendi kehidupan mereka.


Sumber :

Website KAMMI UNNES
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger