Home » » Jambore Ukhuwah dan Mimpi; Sebuah Catatan Kecil

Jambore Ukhuwah dan Mimpi; Sebuah Catatan Kecil

Written By Agus Subkhi Hermawan on Tuesday, 13 May 2014 | 5/13/2014 08:51:00 pm

Juara Umum Jambore Ukhuwah KAMMI FISIP, KAMMI Fisip, jambore ukhuwah, kammi semarang, dakwah kampus, mahasiswa, pergerakan, jawa tengah
Akhir bulan April atau tepatnya pada tanggal 25-27 April, KAMMI Semarang mengadakan agenda rutin setiap dua tahun. KAMMI Semarang mengadakan agenda ini sebenarnya untuk menyambut milad KAMMI. Namun, karena terkendala beberapa hal akhirnya diputuskan untuk diadakan di bulan April. Seharusnya agenda ini diadakan di akhir bulan Maret dan bertepatan dengan hari H milad KAMMI. Dikemas dalam bentuk yang berbeda dengan agenda-agenda KAMMI biasanya. Mungkin karena berbeda itulah KAMMI Semarang sepakat merutinkan agenda ini dua tahun sekali, bukan satu tahunan. Konsep outdoor selama 3 hari 2 malam dan banyak diisi dengan permainan dan perlombaan, KAMMI Semarang memberikan nama agenda ini Jambore Ukhuwah atau kami singkat Jamu. Kali ini kami adakan di Bumper Senjoyo, Tuntang, Kab. Semarang.

Jamu kali ini adalah pertama kalinya keikut sertaan PK KAMMI Unissula, komisariat termuda di KAMMI Semarang. Dan besar harapan kami bahwa jamu kali ini adalah keikutsertaan terakhir kalinya PK KAMMI Kudus, karena di Jamu 2016 semoga sudah menjadi KAMMI berbasis daerah. Juga terkakhir kalinya kader KAMMI di Unnes mengirim 1 kontingen, karena akan menjadi 2 komisariat di Jamu berikutnya. Alhamdulillah ke 16 komisariat bisa mengirim tim ke agenda kali ini, walaupun tidak semua full team.

Ada hal istimewa yang terjadi di Jamu kali ini. Hal istimewa itu adalah yang menjadi juara umum di agenda ini. Jika ada agenda yang melombakan antar komisariat di KAMMI Semarang, maka yang menjadi favorit juara umum adalah empat komisariat bergrade A. Atau kami sebut komisariat besar, dilihat dari jumlah kader yang besar dan mapannya komisariat itu. Memang biasanya juara umum tidak jauh-jauh dari empat komisariat ini. Jamu tahun 2012 KAMMI FT Undip merebut juara umum dan di tahun 2010 KAMMI Unnes menjadi juara umum.

Di agenda Jamu tahun 2014 ini juara umum berhasil direbut oleh KAMMI FISIP Undip. Benar-benar tidak disangka sebelumnya. Dalam perbincangan beberapa panitia kami sempat membincangkan siapa yang akan menjadi kuda hitam di Jamu ini. Ada yang menyebut KAMMI FH Undip ada juga yang menyebut KAMMI FIB Undip. Anggaplah kami ini seperti membicarakan turnamen sepak bola, tentunya ada tim yang diharapkan mampu menjadi kejutan.

Bagi saya sendiri, dengan juaranya PK KAMMI FISIP Undip ini semoga menjadi tanda kebangkitan komisariat-komisariat berbasis Ilmu sosial di Undip. Selama ini, komisariat-komisariat berbasis ilmu sosial selalu menjadi fokus perbincangan di kalangan pengurus KAMMI Semarang yang mengurusi bidang internal. Status KAMMI berbasis ilmu sosial pun ada yang naik turun. Sudah menjadi komisariat penuh tetapi harus turun menjadi komisariat persiapan lagi.

Besar harapan saya teman-teman komisariat berbasis ilmu sosial mampu stabil menjadi komisariat penuh dan menjadi saingan serius komisariat-komisariat yang sudah stabil. Atau malah menjadi komisariat besar baru? Tentu saja itu hal yang sangat mungkin terjadi walaupun mungkin butuh waktu membangun yang lama. Setidaknya berani bermimpi dahulu, siapa tahu Allah mewujudkan mimpi itu.

Sekjen KAMMI Semarang : Mahardhika (@MahardhikaSy)


Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger