Home » , , » KAMMI MIPA UNDIP Meraih Gelar Juara 2 Kader Berprestasi Lomba MILAD KE-16 KAMMI

KAMMI MIPA UNDIP Meraih Gelar Juara 2 Kader Berprestasi Lomba MILAD KE-16 KAMMI

Written By Zakaria Ramadhan on Wednesday, 2 April 2014 | 4/02/2014 11:20:00 am

Oleh : Anisa Nurina (Komsat Mipa UNDIP)
Syarifah Fadhilah Nasution
Bergerak Nyata Ciptakan Karya
Ifa begitu ia biasa disapa. Hausnya akan ilmu ia buktikan dengan tekadnya melanjutkan studi di tanah seberang, dari Sumatera menuju Jawa. Ifa yakin, bahwa bergerak adalah modal utama manusia meraih kesuksesan dan mampu melangkah menuju sukses selanjutnya. Ide-ide besar hanya akan menjadi sebuah ide jika tak ada yang mau mengawalinya, begitupun sebaliknya dengan ide-ide sederhana yang pasti akan menjadi nyata jika ada yang mau bergerak mengawalinya. Ifa memilih untuk bergerak memberikan karya nyata bagi Islam dan Indonesia.

Ifa membuktikan pilihannya untuk terus bergerak dengan bergabungnya ia dalam berbagai organisasi. Menjadi bagian dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), membuatnya lebih dekat untuk merangkul teman-temannya untuk bergerak dan berkontribusi lebih banyak. Bergabungnya ia  dalam Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) juga membuatnya sadar bahwa Islam membutuhkan kontribusinya dalam syiar, yang semakin lama semakin dijauhi oleh para pemudanya. Kemampuan organisasinya inipun Ifa bawa dan buktikan pada beberapa organisasi riset yang ia ikuti. Ifa bertekad akan memberikan karya nyata yang memberikan banyak dampak perubahan bagi bangsa dengan menghasilkan karya-karya hebat melalui sains dan teknologi.

Berbagai karya nyata sudah banyak Ifa hasilkan dan tak jarang ia ikut sertakan dalam berbagai kompetisi tingkat lokal, regional, maupun nasional. Di tingkat regional, menjadi Finalis Lomba Technopreneur dan Juara 2 Ide Terbaik dalam Pelatihan PKM yang diselenggarakan oleh Research Incubator Center (RIC) tahun 2013. Penerima dana hibah untuk PKM-P pada tahun 2012 dan 2014. Menjadi Finalis 5 Besar Lomba Agroindustrial Fair IPB dengan karya “Nano Bioetanol” tahun 2013. Hingga di tingkat nasional, menjadi Juara 3 Lomba Essay di UPN Yogyakarta pada tahun 2014.

Kepawaiannya dalam menulis gagasanpun tak hanya di bidang sains dan teknologi, karena Ifa-pun menyadari bahwa banyak sarana untuk mempengaruhi yang lain di berbagai bidang. Hal ini ia buktikan dengan ikut sertanya ia dalam Gebyar Psikologi UNDIP dan lolos menjadi Juara 2 Essai tahun 2013.

Saat ini, Ifa sedang menyelesaikan studinya semester 4 di Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro, Semarang. Disamping itu, saat ini ia menjadi Ketua Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) di Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia serta menjadi Staff Kajian Strategis (KASTRAT) KAMMI Komisariat MIPA UNDIP.

Dengan kesibukan organisasi dan akademiknya, serta karya yang telah banyak mengantarkannya pada berbagai pengahargaan, ia tak akan berhenti sampai titik ini. Tak ada kata berhenti untuk memberikan karya nyata untuk perubahan bangsa, tak ada kata istirahat. Baginya, sukses adalah hak setiap manusia. Ifa tak ingin hanya sukses bagi dirinya saja. Tapi ia akan bergerak nyata untuk menciptakan banyak karya serta menularkan semangat berkarya bagi orang-orang yang ada disekelilingnya. 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger