Home » » 14 Kreasi KAMMI FT Undip

14 Kreasi KAMMI FT Undip

Written By Agus Subkhi Hermawan on Friday, 17 January 2014 | 1/17/2014 11:19:00 am

Semarang - Meskipun sesuai Panduan Kerja Komisariat (PKK) kinerja PK KAMMI FT Undip 2013 tidak mencapai standar kuantitatif untuk diterimanya laporan pertanggungjawaban (LPJ), peserta Musyawarah Komisariat (Muskom) XIV menilai beberapa inovasi dan kreasi yang dihasilkan kepengurusan 2013 ini cukup baik untuk mencapai visi PK KAMMI FT Undip. Atas pertimbangan itulah, secara keseluruhan akhirnya LPJ diterima tanpa syarat.

Pada Muskom yang diadakan pada Selasa (14/1) tersebut, salah satu peserta Muskom menyatakan, "Kepala departemen saya menyampaikan bahwa Kakom (Ketua Komisariat, red.) pernah berkata, 'Tidak peduli program kerja kita tidak tercapai secara keseluruhan, yang penting visi Berkreasi dalam Aksi-lah yang menyatukan kita. Kita bekerja sesuai dengan visi tersebut."

Inilah 14 daftar kreasi yang dihasilkan oleh PK KAMMI FT Undip 2013:


1. Rapat Pleno Pengurus

Selama beberapa tahun terakhir, rapat rutin yang dikenal dalam PK KAMMI FT Undip hanya dua, yaitu rapat pengurus harian dan rapat departemen. Namun, dua rapat itu saja dinilai tidak dapat memenuhi kebutuhan untuk saling bertemu antarstaf sehingga terasa sekali jarak antara staf yang satu dengan yang lain. Bahkan tak jarang staf dari departemen A tidak mengenal siapa saja staf dari departemen B. Untuk menjembatani kerenggangan antarstaf ini, Ketua Umum Ihsan Hidayat dan Sekretaris Umum Mohammad Rizqi Firmansyah berinisiatif menyelenggarakan rapat pleno kira-kira sebulan sekali.


2. Aksi Stand Up Comedy


Stand Up Comedy dinilai dapat menjadi salah satu sarana menyampaikan isu dan opini, mengingat popularitasnya yang sedang naik di kalangan masyarakat khususnya kaum muda belakangan ini. Ajang kompetisi Stand Up Comedy KAMMI FT Undip dilaksanakan di rumah makan SBC pada 27 Mei 2013 pukul 19.30, dengan mengambil tema Bangkit Ala Gue dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Peserta datang dari berbagai pihak di antaranya kader KAMMI FT Undip sendiri, kader KAMMI Unnes, dan Menteri Sosial Politik BEM KM Undip. Menteri Sosial Politik inilah yang akhirnya menjadi juara. Sembari menikmati hidangan, pengunjung tampak terhibur dengan aksi seru para comic yang penuh sindiran meski terkadang garing. Bahkan beberapa pihak memberikan apresiasinya dengan meminta PK KAMMI FT Undip mengulangi kegiatan tersebut.

Simak liputan selengkapnya dihttp://kammiftundip.blogspot.com/2013/05/mensospol-bem-undip-juarai-stand-up.html


3. Music Campaign

Memperjelas prinsip KAMMI FT Undip bahwa aksi tidak selamanya identik dengan demonstrasi, aksi memperingati Hari Antikorupsi Sedunia dilaksanakan dalam bentuk Music Campaign. Acara yang berlangsung di kompleks Ruko Tembalang Baru, Tembalang, Semarang ini direncanakan bertepatan pada Hari Antikorupsi Sedunia 9 Desember 2013. Namun, lantaran pada hari tersebut hujan deras, acara ini akhirnya diundur hingga malam berikutnya, 10 Desember 2013, dan berlangsung mulai pukul 19.00 hingga 21.30. Beberapa kader dari sebagian PK KAMMI di Undip dan turut berpartisipasi menyumbangkan kemampuannya dalam bermusik dan bersyair yang isinya merupakan kritikan terhadap korupsi.

Selain Music Campaign, aksi yang bekerja sama dengan PD KAMMI Semarang ini juga dilaksanakan dengan mengadakan lomba membuat poster bertema antikorupsi bagi pelajar SMA se-Semarang dan sekitarnya. Aksi ini diliput oleh salah satu Citizen6 dan dapat diakses beritanya dihttp://news.liputan6.com/read/771531/kampanye-anti-korupsi-dengan-gelar-pentas-musik.


4. Video Campaign

Tidak berhenti pada dua bentuk di atas, aksi lain yang dilakukan PK KAMMI FT Undip adalah berkampanye melalui video. Dua video yang telah dibuat masing-masing untuk memperingati earth hour (lihat videonya di http://www.youtube.com/watch?v=wMgUNKH9Pmk) dan Hari Kebangkitan Nasional (lihat videonya di http://www.youtube.com/watch?v=4X_NK2n-AdQ).


5. Company Profile

Video company profile mungkin merupakan hal yang biasa dalam sebuah lembaga profesional, namun video yang satu ini layak diacungi jempol atas kreativitasnya. Dikemas dengan menggabungkan profil PK KAMMI FT Undip 2013 dan cuplikan-cuplikan video kampanye yang pernah dibuat sebelumnya, video ini menjadi juara 1 lomba Company Profile Video yang merupakan salah satu cabang perlombaan Olimpiade Ramadhan yang diselenggarakan oleh PD KAMMI Semarang 1434 H. Video ini dapat diakses melalui http://www.youtube.com/watch?v=yfMKmc7Se0A.


6. Branding Logo

Meskipun sederhana, logo yang dibuat oleh Departemen Humas menjadi sebuah branding yang membuat orang yang melihatnya langsung mengenali organisasi ini. Logo ini pun dibuat bukan sebagai saingan atas logo KAMMI, karena di mana tercantum logo ini, di situ dicantumkan pula logo KAMMI. Logo ini terdiri atas tulisan "KAMMI TEKNIK UNDIP" di bagian tengah, serta tagline#KarenaKAMMIadalahKamu pada bagian bawah. Warna merah sebagai dasarnya, yang merupakan warna yang menjadi ciri khas KAMMI Semarang yang menaunginya, merupakan perlambang keberanian dan keteguhan yang dimiliki kader KAMMI.


7. Aksi dalam Kampus

Secara politis, keberadaan Elemen Gerakan Mahasiswa (EGM) bisa dibilang "tidak diharapkan" oleh sebagian masyarakat Undip terutama pada momen pemilihan raya. Oleh karena itu, merupakan suatu terobosan saat KAMMI akhirnya dapat melakukan aksi di dalam lingkungan kampus. Aksi kali ini mengambil momentum tarhib Ramadhan, dengan menyebarkan bunga, jadwal imsakiyah, dan buletin edisi Ramadhan kepada warga kampus Undip.


8. Juara Umum Olimpiade Ramadhan

Olimpiade Ramadhan rutin diadakan PD KAMMI Semarang pada Ramadhan setiap tahunnya. Pada Olimpiade Ramadhan 1434 yang diselenggarakan di Unnes, PK KAMMI FT Undip kembali merebut gelar juara umum, setelah dua tahun berturut-turut gelar juara umum lepas dari PK KAMMI FT Undip (masing-masing diraih PK KAMMI IKIP PGRI dan PK KAMMI Unnes). Empat gelar juara 1, satu gelar juara 2, dan satu gelar juara 3 menobatkan PK KAMMI FT Undip sebagai pemegang piala bergilir Olimpiade Ramadhan. Prestasi ini akhirnya mengawinkan Piala Jambore Ukhuwah yang diselenggarakan PD KAMMI Semarang pada 2012 dan Piala Olimpiade Ramadhan.

(Sebagai informasi, Jambore Ukhuwah diadakan setiap dua tahun sekali. Kedua piala ini merupakan piala bergengsi yang dianugerahkan PD KAMMI Semarang kepada pemenang dua kejuaraan antar-PK yang bernaung di bawahnya tersebut.)


9. Pembentukan Badan Pers

Sebagai bagian dari sarana penyebaran informasi, propaganda opini, dan pencitraan PK KAMMI FT Undip, tahun 2013 lalu dibentuk sebuah badan semiotonom (BSO) yang diberi nama Badan Pers. Badan Pers fokus pada pelayanan media cetak dan sebagian media elektronik, serta memberikan konsep-konsep kemediaan. Meskipun baru tahun pertama, yang tentunya masih mencari bentuk idealnya sehingga secara kinerja diakui masih belum maksimal, prestasi terbaik yang ditorehkan BSO ini adalah menerbitkan buku karya kader KAMMI FT Undip yang akan dibahas di bawah.


10. Kerapian Dokumentasi

Biasanya, dokumentasi setiap agenda dipegang oleh seksi dokumentasi masing-masing agenda, sementara untuk mengumpulkannya kembali diperlukan waktu yang cukup lama. Pada periode 2013, seluruh dokumentasi yang ada kembali dipusatkan pada Departemen Humas sehingga mudah diakses kembali apabila diperlukan. Kerapian dokumentasi ini tidak hanya meliputi dokumentasi kegiatan eventualdiselenggarakan PK KAMMI FT Undip 2013, melainkan juga dokumentasi beberapa pamflet yang dikeluarkan oleh Departemen Humas PK KAMMI FT 2013 dan secara periodik disebarluaskan di beberapa titik di dalam lingkungan kampus maupun melalui media sosial serta dokumentasi karya dan prestasi tersendiri yang bukan merupakan kegiatan eventual.


11. Buku Karya Kader

Prestasi lain yang berhasil ditorehkan PK KAMMI FT Undip adalah menerbitkan buku kumpulan karya kader KAMMI FT Undip. Tak hanya berisi opini dan artikel, buku ini juga memuat taujih, kisah, cerita perjalanan di KAMMI, sajak, dan gambar. Ditulis oleh 11 pengurus KAMMI FT Undip 2013, 6 mantan pengurus KAMMI FT Undip yang kini berkiprah di lembaga lain, serta 4 pemenang lomba menulis cerpen dan artikel Seminar Nasional Writerpreneurship KAMMI FT Undip 2012, buku berjudul Seterang Lilin Seharum Bunga (SLSB) ini dijual dengan harga Rp30.000,00 per eksemplarnya.

SLSB launching saat Muskom, dan mendapat apresiasi khusus dari Humas PD KAMMI Semarang, yang menyatakan bahwa baru ada dua PK yang telah menerbitkan buku. Kedua PK ini adalah Unnes dan FT Undip. Perwakilan Humas PD KAMMI Semarang ini juga menyampaikan, SLSB dapat menjadi sarana yang baik untuk pencitraan KAMMI FT Undip melalui ide-ide yang tertuang di dalamnya.


12. Baju Batik

Baju seragam batik KAMMI FT Undip terakhir kali dibuat pada kepengurusan 2010, dan selama dua periode setelahnya, rencana pembuatan kembali baju batik KAMMI FT Undip berhenti pada perdebatan masalah desain, itu pun dilakukan via media sosial. Periode 2013, perdebatan soal baju akhirnya ditengahi dengan presentasi langsung pada saat LPJ Tengah Kepengurusan, sehingga semua kritik dan saran dapat disampaikan saat itu juga, maka seragam batik ini akhirnya dipakai pertama kali sebagai seragam panitia Dauroh Marhalah 1 KAMMI FT Undip 2013.


13. Usaha Penyewaan LCD

Usaha yang mulai dirintis kembali oleh Departemen Ekonomi PK KAMMI FT Undip pada semester kedua kepengurusan adalah menyewakan LCD projector. Meskipun usaha ini dilakukan dalam bingkai kerja sama dengan pihak tertentu, usaha ini telah mendatangkan keuntungan yang cukup signifikan bagi keuangan PK KAMMI FT Undip di antara sekian usaha lain yang dijalankan.


14. Kerapian Sekretariat

Rupanya ada yang baru dari rutinitas yang satu ini. Sejak PK KAMMI FT Undip mengalami kepindahan sekretariat, plang yang ada masih menunjukkan alamat sekretariat yang lama. Kini akhirnya sekretariat PK KAMMI FT Undip memiliki plang baru yang menunjukkan alamat yang benar. Selain itu, kerapian administrasi pun kembali diperbaiki, sehingga memudahkan inventarisasi dan pencarian barang di sekretariat.

Sumber : kammiftundip.blogspot.com
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

19 Jun 2017, 11:39:00

Mantab jiwa...

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger