Home » » Nasionalisme Pemuda Dipertanyakan

Nasionalisme Pemuda Dipertanyakan

Written By Agus Subkhi Hermawan on Thursday, 12 December 2013 | 12/12/2013 08:33:00 pm

SEMARANG -  Miskinnya jiwa nasionalisme dikalangan pemuda saat ini menjadi alasan kuat KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim) Daerah Semarang  menggelar diskusi publik, Kamis (12/12), di Guntur Hall hotel Grasia, Semarang. Diskusi tersebut mengundang Letkol Kavaleri Dicky Armunanto Mulkam (Komandan Kodim Semarang), Ahmadi A.Md (Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah).

Dengan mengangkat tema Mengembalikan Orientasi Nilai-Nilai Nasionalisme di Era Globalisasi, Barri Pratama selaku ketua KAMMI Daerah Semarang mengajak para pemuda khususnya pelajar dan mahasiswa untuk kembali menyematkan jiwa nasionalisme dari hal tersederhana yaitu mencintai tanah airnya sendiri.

“Diskusi ini sebenarnya bertujuan agar generasi muda semakin cinta tanah air dan mampu mengaktualisasikan nilai-nilai nasionalisme di era globalisasi seperti sekarang ini,” tegas Barri, dalam sambutannya saat membuka acara, Kamis (12/12).

Ditemui seusai acara, Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Ahmadi A.Md, menjelaskan lunturnya sikap nasionalisme dikalangan pemuda saat ini salah satu pemicunya yaitu dari sisi pergaulan. Pergaulan pemuda yang kini berkiblat pada dunia Barat dan Korean Style menjadi dampak terbesar hilangnya sikap nasionalisme tersebut.

“Sebab lunturnya nasionalisme itu banyak, salah satu sisinya dari pergaulan pemuda itu sendiri. Ketika sebabnya sudah kita dapatkan terapi yang perlu kita lakukan juga harus pas,” papar Ahmadi saat diwawancarai, Kamis (12/12).

Ia juga menambahkan nasionalisme seharusnya sudah menjadi sesuatu yang melekat disetiap warga. Setiap rakyat Indonesia harus menjunjung tinggi negara ini yang berbasis Pancasila dan UUD 45 serta Bhineka Tunggal Ika. Pemuda yang notabennya memiliki potensi besar seharusnya mampu berkontribusi secara maksimal. “Potensi pemuda itu besar, harus diarahkan ke arah yang baik agar potensinya mampu menjadi kebaikan untuk bangsa,” tambahnya.

Banyak hal yang berakibat buruk ketika jiwa nasionalisme telah luntur dikalangan pemuda Indonesia. Korupsi menjadi bukti konkrit akibat minimnya sikap nasionalisme. Menanggapi hal tersebut Ahmadi selaku Wakil DPRD Jawa Tengah menghimbau kepada para pemuda untuk menjadi barisan terdepan dalam menindak praktek-praktek korupsi.

“Diharapkan pemuda bisa menjadi garda terdepan dalam menolak dan menindak tegas praktek-praktek korupsi di negeri ini,” pungkasnya. (ME)


Sumber : ketokpintu.tumblr.com
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger