Home » » OKTOBER BERKARYA

OKTOBER BERKARYA

Written By Agus Subkhi Hermawan on Wednesday, 9 October 2013 | 10/09/2013 12:23:00 am

Semarang (4-5/9), KAMMI Komisariat MIPA UNDIP mengadakan Youth Leadership Training (YLT) 2013, atau kata lain dari Dauroh Marhalah 1. Mengusung tema “Cerdaskan Hati, Cerdaskan Indonesia Kini dan Nanti” yang bertujuan untuk melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang tidak hanya cerdas intelektualnya, namun juga cerdas hati dan ruhaninya. 


Kegiatan yang dilaksanakan di Badan Pusat Pendidikan Khusus (BPDIKSUS) Ketileng, Semarang ini berlangsung selama 3 hari dengan rangkaian acara yang mencerdaskan bagi setiap pesertanya. Pemberangkatan pada tanggal 4 Oktober 2013, pukul 19.15 di Gedung Serba Guna (GSG) UNDIP dengan menggunakan beberapa angkot untuk transportasi menuju tempat pelatihan berlangsung, terlihat antusiasme dari setiap peserta. Setelah sampai tempat tujuan dan dikondisikan untuk menempati ruangan masing – masing, peserta langsung memasuki aula untuk pembukaan, pengenalaan perangkat dauroh yang terdiri dari Master of Class Room (MCR), Master Of Training (MOT), Ustadz/ah Dauroh, Observer pemateri dan peserta yang memiliki tugas masing – masing selama berlangsungnya acara, serta penyampaian kontrak belajar bagi peserta agar kegiatan dapa berjalan dengan lancar hingga akhir.

Memasuki hari kedua, yaitu pada 5 Oktober 2013 peserta mulai mendapatkan materi – materi dari pembicara – pembicara yang luar biasa. Ustadz Awang sebagai pembicara materi pertama Syahadatain, Bapak Fris (Ketua BEM UNDIP 2001, anggota DPR) pada materi Syumuliatul Islam, Akhina Lukman untuk materi Problematika Umat, dan materi Islam, Pemuda, dan Perubahan Sosial oleh Bapak Galih Pramilu Bakti (Ketua KAMDA Semarang 2011-2012). Pada malam harinya lanjut ke materi selanjutnya yaitu Visi dan Misi Gerakan KAMMI oleh Bapak Arif Eka Atmaja (Ketua KAMMI Jateng) dan Focuss Group Discussion (FGD) oleh Akhina Andriyana (KAMDA Semarang) mengenai Manajemen Aksi.

Pada hari kedua, peserta dikondisikan lebih pagi pada pukul 02.00 untuk muhasabah. Tujuan dari muhasabah ini, untuk lebih menyadarkan bahwa Indonesia adalah negeri yang harus kita banggakan dengan segala potensinya, dan merekalah salah satu aktor perubahan Indonesia menjadi lebih baik. Setelah aktivitas pagi, peserta kembali di fasilitasi untuk outbound yang bertujuan untuk melatih kerjasama tim. Setelah outbound dan mempersiapkan diri, peserta langsung menuju aula untuk menyaksikan Talk Show kader KAMMI yang berprestasi di berbagai bidang. Hadir Bapak Maulidanir (Owner MandiriArt) yang sukses dalam bisnisnya, Akhina Ihsan Hidayat (Ketua Aliansi KAMMI UNDIP) yang sukses dalam bidang sosial-politiknya, dan Bapak Asep Musa (Dosen Teknik Kimia UNDIP) yang juga sukses dalam bidang akademik dan risetnya. Ini bukti bahwa KAMMI mampu berkontribusi dengan aksi – aksi melalui berbagai bidang.



Dengan bekal semangat di pagi hari melalui olahraga, bekal ilmu yang selalu dirindu, dan bekal ruhani yang senantiasa menghiasi hati, 64 peserta mampu melewati rangkaian acara dengan baik selam 3 hari. Tiba di penghujung acara, pengumuman kelulusan dan pembacaan ikrar, pelantikan. Dalam prosesi kali ini, hadir Akhina Syafa’at Fahmi (Ketua KP KAMDA Semarang) yang menggantikan Akhina Mahardika (Sekum KAMDA Semarang) untuk mengumumkan kelulusan dan melantik peserta sebagai Anggota Biasa (AB) 1. Prosesi berlangsung dengan khidmad. Selanjutnya, pemutaran video dokumenter dan pengumuman peserta terbaik dan teraktif.  

Inilah bulan berkarya, untuk Islam dan Indonesia. 
Berkarya, melahrikan generasi - generasi penerus bangsa yang cerdas Islami

Allahua'lambisshowab 

Sumber : Departemen HUMAS KAMMI Mipa Undip - http://www.kammimipaundip.net


Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger