Home » , » Tolak PLTSa, KAMMI dan Walhi Jabar Geruduk Gedung DPRD Bandung

Tolak PLTSa, KAMMI dan Walhi Jabar Geruduk Gedung DPRD Bandung

Written By Redaksi KAMMI on Thursday, 29 August 2013 | 8/29/2013 10:57:00 pm

Foto : Inilah.com

Bandung
 - Sekitar 30 orang dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Walhi Jabar menggeruduk menggeruduk Gedung DPRD Bandung menuntut dewan dan pemkot menghentikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Gedebage.

Massa yang datang mengenakan masker ini menggelar aksinya depan gedung dewan, Jalan Aceh, Kamis (29/8/2013). Mereka juga membawa poster dari karton yang antara lain bertuliskan 'Jangan bakar sampah samping stadion', 'Tolak PLTSa Gedebage', dan 'Gara-gara PLTSa hidup gue tak lepas dari masker, sampah bau'.

Massa sempat membuka masker yang mereka pakai, lalu menghirup udara dalam-dalam. Ini sebagai simbol tak akan ada udara bersih lagi jika PLTSa tetap dibangun.

"Ada beberapa aspek kenapa kami menolak pembangunan PLTSa," ujar Direktur Walhi Jabar Dadan Ramdan yang juga ikut berdemo.

Antara lain, lanjutnya, aspek prosedur kebijakan dan mekanisme lelang, beban jasa pengolahan sampah dan subsidi PD kebersihan, penolakan warga sekitar, dampak lingkungan hidup, dan pengalaman di negara lain.

"Hingga saat ini Pemkot belum menyusun Perda yang mengatur kerjasama PLTSa dalam tahun jamak. Sementara MoU Pemkot dan PT BRIL (pemenang tender PLTSa) akan ditandatangani pada 3 September nanti. Padahal rencana pembangunan juga masih dibahas di kementrian PU," kata Dadan.

Selain itu, hal yang memberatkan adalah jasa pengolahan sampah akan dibebankan pada masyarakat. Belum lagi dampak lingkungan yang diakibatkan pembakaran dengan sistem incinerator. "Dan yang paling utama adalah penolakan warga sekitar," tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua RT 5 Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebade Ramlan Mansyur Ramdani menegaskan penolakan warga. Menurutnya warga tak rela jika di wilayahnya nanti dibangun PLTSa. "Apalagi lokasinya samping stadion. Masa stadion bertaraf internasional, sampingnya sampah," protesnya.

Sumber : http://news.detik.com/bandung/read/2013/08/29/105853/2343890/486/tolak-pltsa-kammi-dan-walhi-jabar-geruduk-gedung-dprd-bandung
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger