Home » » Mencoba Mengerti Apa Itu Politik

Mencoba Mengerti Apa Itu Politik

Written By Agus Subkhi Hermawan on Thursday, 1 August 2013 | 8/01/2013 07:36:00 am

Islam, KAMMI, Semarang, Jawa Tengah, Pemilu, Mahasiswa, Muslim, Indonesia
Menulis ulang kultwit Miko beberapa hari lalu tentang apa itu #politik. 

Sobat Miko, sadar gak sih kalau sehari-hari ini kita hidup di atas keputusan-keputusan politik? Iya, misalnya pemerintah memutuskan untuk menarik pajak dari rokok 100%, pasti lebih sedikit nanti yang beli rokok. Misalnya juga pemerintah mengeluarkan peraturan yang melarang penggunaan twitter di Indonesia, nah gimana tuh entar nasib kalian? Gak bisa twitteran dong.

Lalu apa sih politik itu sebenarnya?

Secara etimologi, kata politik berkaitan dengan policy yang bermakna kebijakan. Ruang lingkup politik kontemporer dapat dirumuskan dalam empat poin berikut :

1. Politik : Usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (Teori Klasik Aristoteles).

2. Politik : Segala kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara.

3. Politik : Kegiatan yang dimaksudkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan baik secara konstitusional maupun inkonsistusional.

4. Politik : Segala hal yang berkaitan dengan proses perumusan dan pelaksanaan kegiatan.

Jadi politik itu penting ga Sobat Miko? Menurut Miko sih penting, pentiiing banget. Apabila politik dimainkan oleh orang yang salah, korbannya ya kita-kita juga. 

Politik adalah hal yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, tetapi juga hal yang paling jauh dari pikiran anak muda. Iya kan? Hayoo ngaku. 

Coba aja, waktu pemilu apakah dirimu berpartisipasi memberikan suara? Itu adalah bentuk kecil dari kesadaran berpolitik, yang mana ikut menentukan pemimpin Indonesia pada periode kepemimpinan selanjutnya.

Sobat Miko, Miko gak lagi ngajak kamu buat berpolitik praktis atau apapun. Miko cuma pengen berbagi aja, memperkenalkan apa itu politik. 

Dan tentu saja, jangan membenci apa yang belum kamu pahami.

Salam Gembira!
(pengembangan dari berbagai sumber)


Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger