Home » » Karena Perempuan Harus Kompeten

Karena Perempuan Harus Kompeten

Written By Redaksi KAMMI on Monday, 8 July 2013 | 7/08/2013 06:38:00 am


Lembaga Semi Otonom Pemberdayaan Perempuan (LSO PP) KAMMI Daerah Semarang mengadakan Madrasah Muslimah KAMMI (MMK) yang ke tiga kalinya pada Ahad (07/07/13). MMK kali ini diselenggarakan di Aula Masjid Al Huda Perumda Tembalang Semarang. Dihadiri oleh puluhan kader perempuan KAMMI se-Semarang, MMK kali ini membahas “Perempuan dalam Perspektif Islam dan Perannya dalam Politik” bersama Ibu Rita Rhoy Kana, aktivis bidang perempuan di Kota Semarang.

Ibu Rita memaparkan beberapa kisah perempuan pada jaman Rasulullah, seperti Khadijah yang menjadi pembenar ajaran Rasulullah pertama kali dan Sumayyah yang gugur di jalan Islam pertama kali. Selain itu, dijelaskan pula beberapa ayat Al Quran dan Hadits yang menyatakan betapa mulianya perempuan dilihat dari kacamata Islam.
Mengenai peran di bidang sosial dan politik, bu Rita menjelaskan bahwa salah satu peran perempuan adalah untuk dapat mengawal dan memberi solusi terhadap isu-isu penting terkait perempuan.
“Perempuan diberi karunia perasaan yang halus untuk dapat lebih peka terhadap beberapa peristiwa yang terjadi” kata bu Rita.
Perempuan tidak dilarang untuk terjun di dunia sosial dan politik, asalkan bertujuan baik serta mampu menselaraskan peran sosial dan rumah tangga. Selain itu, dunia sosial dan politik mampu mengasah kecakapan diri serta kepekaan sosial. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa perempuan harus memiliki kompetensi di bidangnya, tidak asal ikut terjun.
“Kalau orang lain tidak ragu bersekolah tinggi untuk mendidik anak orang, mengapa kita masih ragu bersekolah tinggi untuk mendidik anak sendiri?” ujar bu Rita di akhir MMK.
Seusai MMK, LSO PP mengadakan konsolidasi Sekolah Perempuan Indonesia (SPI) bersama kader perempuan KAMMI se-Semarang. Rencananya, SPI ini akan diselenggarakan dalam beberapa hari ke depan untuk mendidik para perempuan KAMMI pada khususnya dan perempuan Indonesia pada umumnya agar lebih cerdas dalam menghadapi berbagai macam problematika. (R03)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger