Home » , » KAMMI KALSEL : Informasi DM 2 KAMMI KALSEL

KAMMI KALSEL : Informasi DM 2 KAMMI KALSEL

Written By Redaksi KAMMI on Friday, 12 July 2013 | 7/12/2013 10:52:00 am

DAUROH MARHALAH 2
PENGURUS DAERAH KAMMI KALIMANTAN SELATAN
2013 M/1434 H

KAMMI (kesatuan aksi mahasiswa muslim indonesia) merupakan salah satu elemen gerakan mahasiswa yang senantiasa berusaha konsisten dengan nilai-nilai yang membentuk pribadi-pribadi yang memiliki komitmen dan kepribadian islami dalam penggerakannya. Sehingga adanya fungsi pengkaderan adalah sebuah keniscayaan bagi eksistensi dan berkelanjutan KAMMI. 
Tiga aspek penting yang diharapkan dapat tercapai melalui fungsi kaderisasi ini, terkait dengan eksistensi dan penjagan sifat gerakan kammi, adalah adanya pertumbuhan kuantitas, pertumbuhan kualitas gerakan dan pengembangan kemampuan personal anggota KAMMI.
Dauroh Marhalah 2 merupakan salah satu pintu alur kaderisasi KAMMI yang bertujuan mencetak kader-kader Anggota Biasa 2 (AB 2) yang memiliki syakhsiyah da’iyah Mufakkirah(Kepribadian Dai yang Mampu Menjadi Penggerak) , mampu menjadi teladan ditengah masyarakat, menjadi teladan bagi gerakan mahasiswa, mengislamisasikan ilmu pengetahuan pada bidangnya dan memelopori penerapan solusi Islam terhadap berbagai segi kehidupan manusia. (Syakhsiyah da’iyah mufakkirah —al-Qa’idah al-fikriyah). Peserta akan mendapatkan materi-materi teoritik yang memantik sistem analisa kader pada realitas yang dihadapi bangsa dan gerakannya, terutama pada realitas sosial politik kedaerahannya. Mucullah kader-kader yang memiliki militansi/jiddiyah dan berkomitmen untuk senantiasa berdakwah menebar kebaikan dan rahmat.
Dauroh Marhalah 2 (DM 2) merupakan dauroh yang berfungsi sebagai sarana seorang kader untuk menjadi AB 2 KAMMI. 
Tujuan Dauroh Marhalah 2 yaitu sebagai berikut.
1.Membangun militansi/jiddiyah kader
2.Membangun komitmen kader dalam gerakan dakwah
3.Melatih kader berfikir dan bersikap kritis
4.Membangun jiwa kepemimpinan kader
5.Membangun karakter syahsiyah da’iyah
6.Membangun pemahaman kader tentang metodologi dakwah
7.Melatih kader untuk membangun sebuah tim dakwah yang solid
8.Membangun pemahaman tentang pluralitas di Indonesia
9.Membangun pemahaman tentang syariat Islam

Dauroh Marhalah 2 yang dilaksanakan oleh PD KAMMI Kalsel merupakan ikhtiar kami untuk membentuk dan melahirkan kader-kader AB 2 yang berkualitas sesuai dengan manhaj kaderisasi KAMMI dan berkomitmen untuk melakukan pembinaan kader, berperan aktif dalam proses kaderisasi serta beramal kontribusi yang produktif dalam berdakwah. Kader AB 2 yang dibentuk diharapkan memiliki kompetensi kritis kader KAMMI yang utuh dan menjadi para muharrik dakwah di komisariat masing-masing dan siap berpartisipasi aktif dalam pengelolaan dakwah khususnya di tataran PD KAMMI Kalsel.
Pelaksanaan Dauroh Marhalah 2 Pengurus Daerah KAMMI Kalimantan Selatan insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari, tanggal : 25 – 27 Oktober 2013
Waktu : 07.30 s.d. selesai
Tempat : Tambang Ulang Pelaihari (dalam konfirmasi)

SYARAT-SYARAT PESERTA 
a.Calon peserta
1.Telah mendapatkan sertifikasi IJDK AB 1 dari komisariat atau Kaderisasi PD KAMMI Kalsel dengan mengikuti evaluasi.
2.Menyerahkan surat rekomendasi dari ketua komisariat dan atau dari kaderisasi PD KAMMI Kalsel kemudian diserahkan ke Tim Kaderisasi PD KAMMI Kalsel.
3.Aktif dalam kegiatan KAMMI (Komsat, KAMMDA atau diberdayakan di wajihah yang lain)
4.Telah terbina secara kontinu minimal satu tahun
5.Bersedia mengikuti mekanisme dan tes seleksi yang meliputi uji IJDK, tes tulis dan wawancara, serta sidang baca yang dilaksanakan oleh kaderisasi komisariat/kader AB2 dan Tim Kaderisasi PD KAMMI Kalsel.
6.Menyerahkan makalah sesuai dengan tema dan referensi yang ditetapkan tim seleksi PD KAMMI Kalsel.
7.Menyerahkan surat kesediaan untuk mengikuti mekanisme pengkaderan di KAMMI. (diserahkan ke PD KAMMI Kalsel)
b.Peserta
1.Telah memenuhi persyaratan calon peserta DM 2 dan dinyatakan lulus seleksi oleh tim seleksi dari PD KAMMI Kalsel (dibuktikan dengan menyerahkan hasil seleksi) dan ditetapkan menjadi peserta oleh kaderisasi PD KAMMI Kalsel
2.Menyerahkan biodata diri dan pas foto berwarna (hard dan soft copy)
3.Menyerahkan surat rekomendasi dari Murabbi/Murabbiyah (jika diperlukan)
4.Memenuhi persyaratan administratif pelaksanaan DM 2 dari kepanitiaan

PERSIAPAN BAKAL CALON SAMPAI PESERTA  DM 2 :
1.Persiapan ruhiyah
a.Sholat fardhu berjamaah awal waktu, terutama Subuh dan isya
b.Tilawah minimal 1 juz/hari
c.Menghafal juz 30
d.Sholat malam minimal 3 kali tiap pekan
e.Sholat dhuha minimal 4 kali tiap pekan
f.Shaum sunnah minimal 1 kali tiap pekan
g.Al matsurat sughro minimal 3 kali tiap pekan
2.Persiapan fikriyah
a.Membaca buku-buku referensi peserta DM 2
b.Direkomendasikan untuk silaturahim dan diskusi minimal dengan 1 orang AB 3 atau 2 orang AB 2 yang ada di PD KAMMI Kalsel atau PW KAMMI Kalimantan yang berasal dari Kalsel untuk mengeksplor tentang khasanah ke-KAMMI-an dan orientasi dakwah. (dievaluasi oleh Tim Seleksi DM 2 Kalsel)
3.Persiapan jasadiyah
- Riyadhoh tiap hari minimal 15 menit.

TAHAPAN DAUROH
Tahap I : Sosialisasi  dan penjaringan, 1 – 10  Juli 2013
Tahap II : Pendaftaran,  11  – 20 Juli 2013
Tahap III : Up-Grading Komisariat, 21 Juli – 14 Agustus 2013
Tahap IV : Seleksi, 19 – 25 Agustus 2013
Tahap V : Pengumuman hasil seleksi, 28 Agustus
Tahap VI : PRA DM2, 1 – 30 September 2013
Tahap VII : Persiapan, 1 – 23 Oktober 20123
Tahap VIII : Pelaksanaan, 25 – 27 Oktober  2013

1.Tahap Sosialisasi dan Penjaringan
Pada tahap ini disosialisasikan tentang time schedule rangkaian pelaksanaan Dauroh ke komisariat maupun PD KAMMI di luar Kalsel. Sekaligus sebagai tahap sertifikasi AB1 yang dilakukan komisariat, khususnya kaderisasi atau tim akreditasi kader(jika ada). Berkas yang diserahkan pada kaderisasi PD KAMMI Kalsel adalah form persyaratan calon peserta (lihat di syarat bakal calon peserta). Bagi komisariat yang belum pernah melakukan akreditasi kader bisa berkoordinasi dengan Kaderisasi PD KAMMI Kalsel. Waktu pelaksanaan 1 – 10 Juli  2013
2.Tahap Pendaftaran
Ketua atau kaderisasi komisariat mendaftarkan nama-nama bakal calon peserta DM2. Jika memungkinkan lampirkan salinan buku prestasi kader atau surat sertifikasi kader sebagai AB1. Pendaftaran bisa melalui surat atau email (syamsiah.salwa@yahoo.com), CP: 085251063041/085787098311. Waktu pendaftaran 11 – 20 Juli 2013
3.Up-Grading Komisariat
sebelum bakal calon mengikuti tes DM2 maka tiap komisariat diharapkan bisa memberikan up-grading pada bakal calon peserta, baik meliputi ke-KAMMIan, Mantuba AB1, maupun aspek IJDK lainnya yang berkaitan tentang kisi-kisi tes DM2. Dilaksanakan pada  21 Juli – 14 Agustus 2013.
4.Tahap Seleksi
Seleksi yang dilakukan melalui 2 tahap. Seleksi yang dilakukan melihat aspek kesungguhan komitmen kader dan kualitas kompetensi kader. Tahapannya yaitu:
a.Tes Tulis dan Interview
•Tes tertulis secara umum meliputi wawasan penegakan agama, strategi dakwah, keKAMMIan, perubahan sosial, dan ideologi serta pengisian form uji IJDK.
•Tes interview secara umum meliputi wawasan keindonesian, kedaerahan, kemahasiswaan, keKAMMIan, kafaah syar’iyyah, dan ketauhidan.
b.Sidang Baca
Peserta wajib membaca buku sesuai manhaj tugas baca AB1 dan memilih salah satu judul buku untuk dijadikan bahan sidang. Berikut judul buku tersebut adalah:
No Judul Buku Pengarang
1 Aqidah Islamiyah Sayyid Qutb
2 Manhaj Haroki Jilid I dan II Muhammad Ghadban
3 Madarijus Solihin Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
4 Ibadah dalam Islam Yusuf Qardhawi
5 Al-Islam         Said Hawa
6 UUD 1945
Api Sejarah Indonesia Jilid I A.Mansur Suryanegara
7 One Perpuse Million Ways Carol Addrienne
8 Pemikiran Politik         DR. Tijani Abdul Qadir Hamid
dalam Al-Qur’an
9 Membina Angkatan Mujahid         Said Hawa
10 Model Manusia Muslim Abad 21 Anis Matta

Penyeleksian dilakukan oleh penanggung jawab pelaksana Tes DM2 yang berstatus AB2 yang sudah ditunjuk oleh Tim Kaderisasi PD KAMMI Kalsel dan dibantu serta dipantau oleh PD KAMMDA. Seleksi dilaksanakan 1 hari antara tanggal 19 – 25 agustus 2013. Dalam penyeleksian penanggung jawab Tes DM2 harus membagikan biodata pada calon peserta untuk diisi dan diserahkan kembali pada Tim Kaderisasi PD KAMMI Kalsel.

5.Pengumuman
Hasil seleksi diumumkan via SMS, surat  maupun fb/web KAMMDA Kalsel pada tanggal 28 Agustus 2013
6.Pra Daurah Marhalah 2
Pelaksanaan Pra DM2 sebagai bekal peserta dalam mengikuti DM2. Pra DM2 diserahkan pada Kaderisasi komisariat dan pengurus komisariat yang berstatus AB2. PD KAMMI Kalsel membantu pelaksanaan persiapan ini dengan mendampingi tiap komisariat untuk melaksanakan Pra DM2.
Form panduan pelaksanaan Pra DM2 akan diberikan oleh Tim Kaderisasi KAMMI Kalsel pada tiap kaderisasi komisariat dan penanggung jawab pelaksanaan PraDM2 yang sudah ditunjuk oleh Tim Kaderisasi KAMMI Kalsel.  Dilaksanakan pada 1 – 30 September 2013
7.Persiapan
Sebelum peserta mengikuti pelaksanaan DM2 maka peserta harus mengkondisikan diri dengan amalan yaumi sebagai peserta DM2, memperbanyak wawasan dengan membaca buku sesuai mantuba AB1 dan juga buku-buku lainnya yang direkomendasikan (judul terlampir dalam point pelaksanaan DM2), serta menghapalkan surah a-qur’an yang menjadikan password DM2. Persiapan ini diberikan waktu yang lama agar persiapannya bisa maksimal. dan siapakanlah dengan jiddiyah/kesungguhan. Dilaksanakan pada  1 – 23 Oktober 2013
8.Pelaksanaan

Standar pelaksanaan DM2
1.Menginap selama 3 hari (dalam konfirmasi)
2.Setting acara ditekankan pada pembangunan kemampuan analisis
3.Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan mematuhi hak dan kewajiban sebagai peserta.
4.Sebagai syarat kelulusan, peserta harus mengikuti Materi minimal ≥ 75%, di hari terakhir harus mengumpulkan seluruh Lembar Evaluasi per materi dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dalam kegiatan PRA DM 2 maupun DM 2.
5.Persyaratan administrasi yang wajib dibawa oleh peserta:
a.Menyerahkan Curriculum Vitae kepada Panitia DM 2
b.Setiap peserta membayar iuran secara tunai/kredit kepada panitia DM 2 (jika terdapat kendala dengan pendanaan bisa menghubungi panitia dengan CP: 085251063041)
c.Membuat makalah dengan  memilih beberapa tema yang ditentukan Tim Kaderisasi KAMMI Kalsel. Tema makalah akan diumumkan setelah peserta dinyaik tertulis, interview, maupun sidang baca. Makalah dalam bentuk softcopy dikumpulkan H-2 sebelum DM2 dan hardcopy dibawa saat DM2.
6.Calon peserta sangat ditekankan untuk mulai membaca buku-buku referensi yang berkaitan dengan materi DM2 yang akan diberikan dan membawa buku-buku tersebut ketika pelaksanaan DM2. Beberapa buku tersebut adalah:
a.Risalah Pergerakan I & 2 (Hasan Al Banna)
b.Fiqh Dakwah
c.Al-Islam (Said Hawa)
d.Manhaj Haroki 1 & 2 (Syaikh Munir Muhammad Ghadhban)
e.Kebangkitan Islam (Fathi Yakan)
f.Rekayasa Sosial (Jalaluddin Rakhmat)
g.The Clash of Civilization (Huntington)
h.Anatomi masyarakat Islam (Yusuf Qardhawi)
i.Negara dan Cita-Cita Politik (Abu Ridho)
j.Tsawabit dalam gerakan ikhwan (Jum’ah Amin Abdul Azis)
k.Pemikiran kontemporer politik ikhwanul muslimin (Prof. Dr. Taufiq Yusuf Al Wa’iy)
l.Menyiapkan momentum (Rijalul Imam)
m.KAMMI dan pergulatan reformasi (Mahfudz Siddiq)
n.Muslim Negarawan (Taufiq Amrullah)
o.Kapita Selecta KAMMI (Rijalul Imam)
p.Gerakan Perlawanan dari Masjid Kampus (Andi Rahmat)
q.Siroh Nabawiyah (Ramadhan al buthi/ Shafiyurahman al mubarakfuri)
7.Penugasan Hafalan
Hafalan akan dijadikan password saat dalam mengikuti DM2. Semua peserta diwajibkan menyetorkan hafalan sebelum acara dimulai di tempat acara.  Hafalan akan ditentukan oleh Tim Kaderisasi KAMMI Kalsel dan diumumkan setelah peserta dinyatakan lulus seleksi Tes DM2.
8.Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta yaitu (wewenang OC)
a.Pakaian Resmi
•Ikhwan = celana bahan, kemeja / kaos berkerah (dipakai saat materi dan diskusi)
•Akhwat = jilbab segi empat, rok bukan berbahan kaos maupun jeans (dipakai saat materi dan diskusi)
Olahraga
Ibadah
Jaket KAMMI atau pakaian KAMMI lainnya
b.Mushaf Al Qur’an
c.Al- Matsurat Wazhifah sughra
d.Perlengkapan pribadi
e.Obat-obatan pribadi
9.Kegiatan peningkatan ruhiyah selama DM 2
a)Tilawah minimal 1 juz/hari
b)Qiyamul lail berjamaah tiap malam
c)Sholat berjamaah tiap waktu sholat
d)Kultum harian dari peserta
e)Wadzhifah sughro 2 kali/hari
f)Penugasan dan pengecekan hafalan (disesuaikan)
10.Menaati tata tertib selama pelaksanaan pelaksanaan DM2.

Keterangan:
Ketentuan bisa saja berubah dikarenakan adanya pertimbangan yang lebih baik.
Pemberitahuan lainnya akan diinfokan baik melalui penanggung jawab PraDM2 dari tiap komisariat maupun langsung pada peserta.
Segala sesuatu yang kurang jelas atau apapun terkait Pencalonan Peserta DM2, Tes DM2, Pra DM2, dan pelaksanaan DM2, serta Kelulusan DM2 bisa menghubungi CP: 085251063041/085787098311
Peserta dari luar Kalsel bisa menghubungi CP diatas.

Sesungguhnya Allah telah memberi dari diri-diri orang mu’min itu harta dan jiwa mereka dengan memberikan syurga untuk mereka
(Qs. At-Taubah:111)

TIM KADERISASI PD KAMMI KALIMANTAN SELATAN
PERIODE 2012 – 2014

Sumber : http://www.kammibanua.blogspot.com/2013/07/sop-daurah-marhalah-2-kammi-kalsel.html
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

27 May 2014, 08:18:00

Terimakasih informasinya ya, semoga sukses selalu

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger