Home » » Ujian ?? Jangan Khawatir...!

Ujian ?? Jangan Khawatir...!

Written By Agus Subkhi Hermawan on Thursday, 2 May 2013 | 5/02/2013 11:49:00 am


Ujian seringkali memang menjadi momok bagi para siswa dan mahasiswa. Mereka merasa khawatir dan takut tatkala ujian tiba. Entah itu Ujian Tengah Semester [UTS] maupun Ujian Akhir Semester bagi mahasiswa.



Sedangkan bagi siswa, bisa berupa ulangan harian, test sumatif atau sejenisnya.
Kekhawatiran yang seringkali muncul memang cukup beralasan. Maklum, sebagian besar nilai beragam test atau ujian akhirnya berpengaruh pada nilai akhir. Baik itu rapor untuk siswa, atau Indeks Prestasi (IP) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi kalangan mahasiswa. 

Tak hanya itu, ada beberapa sikap dan kondisi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang turut berpengaruh dalam menyelesaikan test dan ujian. Misalnya, gugup dan berkeringat dingin. Selain itu, materi yang sudah dipelajari dengan baik bisa hilang begitu saja tatkala menghadapi kertas ujian.

Kekhawatiran yang berlebihan akhirnya bisa mengakibatkan pelajar dan mahasiswa gagal menempuh test dan ujian. Buntutnya, nilai rapor dan IPK jadi buruk.

Sesungguhnya, kekhawatiran itu tidak perlu terjadi, jika semuanya dipersiapkan dengan matang. Hal tersebut bisa dimulai dari upaya memperingatkan pada diri pelajar dan mahasiswa sendiri, bahwa ketika melaksanakan ujian, mereka sedang mendemonstrasikan kemampuannya dalam memahami materi kuliah, pelajaran, atau dalam tugas-tugas tertentu. Selain itu, ujian memberikan dasar evaluasi dan penilain terhadap perkembangan belajar mereka. 

Di bawah ini, ada sepuluh tips bagi Anda, para pelajar dan mahasiswa. Simaklah dengan teliti. 

Datanglah lebih awal dengan persiapan matang. 


Bawalah semua alat tulis yang dibutuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam tangan, penghapus, tip-ex, penggaris, dan sebagainya. Perlengkapan ini akan sangat membantu Anda agar tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.


Tenang dan percaya diri. 


Ingatkan diri Anda bahwa Anda sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.


Bersikaplah santai tetapi tetap waspada. 

Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan Anda mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

Penulis : Ukh Vita | Matematika IKIP PGRI | Angkatan 2009

Sumber: http://kammiikippgrisemarang.blogspot.com/
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger