Home » » Paradoks Nyata di Dunia Pendidikan Indonesia

Paradoks Nyata di Dunia Pendidikan Indonesia

Written By Agus Subkhi Hermawan on Thursday, 2 May 2013 | 5/02/2013 01:27:00 pm


Dalam nuraniku, aku tersadar….
Tentang peliknya permasalahan pendidikan,
di dunia yang penuh dengan kebungkaman.


Tanpa kita sadari, pada hari ini kita kembali dipertemukan dengan salah satu hari bersejarah bagi Indonesia terutama di dunia prndidikannya. Tepat 123 tahun yang lalu di hari ini, tanggal 2 Mei 2012 seorang tokoh pendidikan Indonesia yang sangat berpengaruh lahir. Beliau adalah Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau sering dikenal dengan sebutan Ki Hajar Dewantara. Beliau lahir di Yogjakarta dengan kondisi keluarga yang serba berkecukupan. Selain beliau juga termasuk dalam golongan ningrat sehingga mendapatkan hak untuk mendapatkan pendidikan.

Namun, tahukah kita bahwa bagi beliau harta, pangkat dan derajat bukanlah segalanya. Beliaulah Bapak penggerak reformasi pendidikan di Indonesia. Dalam hidupnya pendidikan telah menjadi suatu yang sangat mendasar. Apapun akan beliau lakukan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Beliau adalah figur teladan bagi guru-guru di Indonesia. Namun, sungguh kenyataan yang terjadi bertolak belakang dengan harapan yang ada. Kebobrokan ditemukan di setiap sudut dan seakan-akan sulit untuk dibasmi. Permasalahn birokrasi pendidikan yang semakin berbelit, serta penggunaan dana anggaran untuk pendidikan yang seakan-akan tidak masuk akal kerap menjadi sorotan. Memang tidak dapat dipungkuiri hal tersebut adalah salah satu penyebab dari kebobrokan ini. Tidak salah apabila kecaman demi kecaman kita lontarkan. Ini hak kita untuk berpendapat. Ini adalah tugas kita untuk mulai melakukan perubahan. Akan tetapi masih teringatkah kita akan kebersihan diri kita sendiri?

Teman, kita adalah salah satu aktor dalam dunia pendidikan. Sadarkah bahwa kita selalu termakan oleh aturan-aturan yang kita kecam? Saat ini bukan waktunya untuk saling menyalahkan. Mari kita jadikan moment Hari Pendidikan Nasional menjadi moment refleksi kita sebagai seorang mahasiswa. Bertanyalah pada hati kita masing-masing tentang idealisme yang kita miliki. Tentang prinsip yang selalu kita pegang. Masalah pendidikan adalah sebagian kecil dari masalah-masalah yang dimiliki oleh Indonesia. Namun tahukah bahwa sesungguhnya masalah-masalah yang banyak tumbuh di bumi pertiwi kita ini diakibatkan karena buruknya dunia pendidikan kita. Mulailah memperbaiki dari hal yang kecil. Dari diri kita sendiri teman…

…..Pada akhirnya kalian sendirilah yang mengetahui jawaban tentang ini semua…


Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger