Home » , » Bulan Pendidikan atau Bulan Sibuk Perubahan Nasional

Bulan Pendidikan atau Bulan Sibuk Perubahan Nasional

Written By Redaksi KAMMI on Monday, 6 May 2013 | 5/06/2013 07:10:00 pm



Oleh : Sugiarti Norvia (Kadept Kastrat KAMMI Komisariat MIPA UNDIP)

Bulan Mei, bulan penuh agenda pendidikan nampaknya akan lebih padat dengan sejumlah perubahan. Kamis, 2 Mei 2013, peringatan hari pendidikan nasional diwarnai dengan upacara bendera. Seiring dengan peringatan tersebut, agenda besar telah menanti di bulan ini.
Para siswa Sekolah Dasar (SD) akan melaksanakan ujian nasional pada 6-8 Mei 2013. Tentunya hal inilah yang menimbulkan tanda tanya besar, akan seperti apa pelaksanaanya nanti. Melihat Ujian Nasional SMP dan SMA sebelumnya, dimana penyelenggaraannnya penuh kontroversial terkait distribusi soal yang carut-marut. Tentu saja semua pihak berharap pelaksanaan Ujian Nasional untuk Siswa SD berjalan lancar tanpa kekisruhan distribusi soal.
Seusai Ujian Nasional SD, 13 Mei 2013 akan dibuka pendaftaran SBMPTN (Seleksi Besar Masuk Perguruan Tinggi Negeri). SBMPTN merupakan jalur seleksi masuk PTN secara tertulis. Mengingat penerimaan SNMPTN sekarang menggunakan nilai rapor dan nilai ujian nasional. Pekan selanjutnya, 24 Mei 2013 merupakan hari pengumuman Ujian Nasional SMA sederajat dan 28 Mei 2012 pengumuman hasil SNMPTN.
Nampaknya, bulan Mei memang penuh dengan agenda pendidikan nasional. Terlihat dari timeline yang dipaparkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, agenda persiapan implementasi kurikulum baru 2013 dilaksanakan pertengahan Juli mendatang. Seperti yang telah disosialisasikan, buku kurikulum baru akan dicetak pada bulan Mei. Juga akan digelar pelatihan untuk 46.213 guru inti oleh para instruktur nasional. Guru inti inilah yang akan melatih kembali guru kelas dan guru mata pelajaran sebelum kurikulum baru diterapkan, yang disebut sebagai metode master teacher.

Disamping penuhnya agenda baru, semoga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak lupa untuk tetap memperhatikan solusi penyelesaian kisruh UN SMP dan SMA tahun ini. Tugas dasar pendidikan adalah menciptakan proses perubahan melalui proses pembelajaran. Diharapkan, kementerian pendidikan dan kebudayaan tidak hanya melakukan berbagai perubahan signifikan saja, tapi juga tetap belajar dari kesalahan di masa lampau dan memahami medan proses perubahan mendatang. 
                                                                                         
Dengan semua fakta yang telah terjadi, masyarakatlah yang bisa menilai kredibilitas dan profesionalitas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini. Mahasiswa, sebagai tonggak pendidikan, masih pedulikah?? 

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger