Home » , » GEMPAR : AWASI DANA HIBAH dan BANSOS JATENG

GEMPAR : AWASI DANA HIBAH dan BANSOS JATENG

Written By Agus Subkhi Hermawan on Tuesday, 29 January 2013 | 1/29/2013 11:20:00 pm


Dana hibah dan bansos yang dialokasikan kepada pemerintah daerah rawan diselewengkan, apalagi mendekati pilgub. Kerap kali ditemukan modus korupsi politik dalam alokasi dana hibah dan bansos untuk pemenangan pilkada. Belum lagi dalam prakteknya, dana bansos dan hibah masih sering salah tempat, lembaga fiktif, alamat yang sama, terjadi penyunatan dana, ketidakjelasan identitas penerima, bahkan modus korupsi politik yang terjadi diindikasikan aliran dana yang mengalir ke lembaga-lembaga yang dipimpin oleh keluarga, kolega dan kroni-kroni penguasa.
            Jawa Tengah, menjelang pilkada tahun ini anggaran hibah mencapai Rp. 4,025 triliun mengalami kenaikan hingga Rp. 780,85 miliar dibandingkan tahun 2012 yang anggaran hibahnya berjumlah Rp. 3,245 triliun. Dana bansos pun pada RAPBD Jateng 2013 senilai 9,24 miliar, naik Rp. 1,8 miliar dibanding 2012, yakni Rp. 7,37 miliar. Tercatat Rp. 26,89 miliar dana bansos dan hibab belum dipertanggungjawabkan di Jawa Tengah tahun 2011.
            Permasalahan dana bansos dan hibah sebenarnya bisa dipelajari dari beberapa daerah lain yang juga bermasalah, apalagi menjelang pilkada. Banten dan DKI Jakarta misalnya, terjadi kenaikan anggaran yang luar biasa mendekati tahun pilkada dilaksanakan. Seharusnya pemerintah mampu mengantisipasi celah penyimpangan ini jauh-jauh hari di daerah-daerah lain. Maka dari itu KAMMI Semarang bersama masyarakat menuntut :
11.      Adanya TRANSPARANSI penggunaan dana bansos dan hibah oleh pemerintah Jateng
22.      PENGAWASAN BERSAMA oleh KPK, anggota legislatif maupun lembaga pengaudit keuangan negara
33.      PENGHENTIAN SEMENTARA penyaluran dana bansos dan hibah oleh pemerintah pusat

44.      BERANTAS oknum-oknum yang terlibat dalam penyelewengan dana bansos
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger