Home » , » Tamu dari Negeri Jiran

Tamu dari Negeri Jiran

Written By Agus Subkhi Hermawan on Sunday, 27 January 2013 | 1/27/2013 01:15:00 pm



Kunjungan ke Mabes KAMMI Semarang
Semarang- Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Semarang kedatangan enam orang tamu dari negeri Jiran Malaysia. Keenam tamu tersebut merupakan pengurus PKPIM (Persatuan Kebangsaan Pelajar Islam Malaysia). Mereka tiba di sekretariat KAMMI yang baru sekitar pukul 15.30 sore ini (25/01/13).

Kunjungan mereka adalah dalam rangka rangkaian acara silaturahmi. Mereka tiba sekretariat KAMMI Daerah Semarang dengan diantar oleh tiga orang pengurus Pelajar Islam Indonesia (PII) Cabang Semarang. Sebelum mereka  tiba di Semarang, sebenarnya mereka telah mengunjungi beberapa daerah seperti Bandung, Cirebon dan beberapa organisasi Islam yang berada didaerah tersebut.

Keenam tamu yang kebetulan semuanya akhwat (perempuan) akhirnya disambut oleh beberapa  anggota KAMMI Semarang baik pengurus komisariat (Komsat) maupun pengurus KAMMI Daerah (KAMMDA) yang sejak tadi siang menunggu kedatangan mereka. Hadir antara lain al-Akh Barri Pratama (FSM 2007) selaku ketua Kamda yang baru, Anton (FIB 2008), Jack (FSM 2010), Udin (FSM 2011), dan Ukh Ulfa (FPIK 2008).

Acara diawali dengan saling perkenalan masing-masing baik dari pihak tamu maupun pihak penyambut. Setelah perkenalan selesai, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian maksud kunjungan dari pihak PKPIM yang diwakili oleh al-ukh Dalila.

Ngobrol
Setelah perkenalan selesai dan mengerti maksud kunjungan, acara kemudian dilanjutkan dengan sharing-sharing. Dengan logat khas  Malaysia, salah seorang tamu bertanya seputar latar belakang, gerakan, dan strukrur kepengurusan KAMMI Daerah Semarang. Pertanyaan tersebut kemudian dijawab oleh akh Barri Pratama. Ia sekilas menceritakan awal mula terbentuknya KAMMI Daerah Semarang yang masih berumur 14 Tahun yang semula merupakan hasil pertemuan para aktivis Dakwah Kampus (ADK) dalam Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) ke X. Kemudian ia juga menjelaskan sekilas kegiatan-kegiatan yang pernah KAMMI kerjakan.

Sharing-sharing berlangsung cukup cair meski sering terjadi kesalahpahaman dalam hal pemakaian bahasa. Walaupun Indonesia dan Malaysia merupakan satu rumpun Melayu, sepertinya telah banyak istilah-istilah yang sudah berbeda dalam penggunaanya. Misalnya ketika salah seorang tamu mengungkapkan “saye telah pusing-pusing di Bandung” kami yang dari Indonesia bertanya-tanya apa itu “pusing-pusing”?. Akhirnya setelah kami minta penjelasan bahwa makna “Pusing-pusing” artinya adalah mengelilingi.


Dalam kesempatan itu pula, kami dari pengurus KAMMI Daerah Semarang tidak melewatkan begitu saja momen berharga itu. Setelah para tamu puas bertanya-tanya mengenai KAMMI Daerah Semarang, kami-pun balik bertanya seputar gerakan dakwah yang ada di Malaysia. PKPIM merupakan adalah badan induk pelajar-pelajar Islam Malaysia di peringkat kebangsaan. Organisasi tersebut diresmikan pada tahun 31 Mac 1961 di Asrama Kedua, Universiti Malaya, Kuala Lumpur. PKPIM pada awal berdirinya dikenal sebagai Persatuan Kebangsaan Pelajar Islam Persekutuan Tanah Melayu (PKPIPTM). Kemudian pada tanggal 29 September 1965, PKPIPTM dirubah namanya menjadi PKPIM.  Dari hasil sharing diketahui bahwa gerakan Dakwah mereka di PKPIM lebih konsern dalam bidang akademik dan sosial. Mereka berpendapat bahwa untuk mengubah kondisi bangsa tidak melulu lewat aksi-aksi politis namun bias juga dalam bidang keilmuan. Para alumni-alumni mereka bahkan telah ada yang pernah menjabat sebagai perdana menteri Malaysia seperi Dr. Anwar Ibrahim. Setelah acara diskusi dan tukar pengalaman selesai, kunjunganpun diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan oleh ukh Dalila sebagai perwakilan tamu. Mereka memberikan sebuah buku yang berjudul “Yusuf Al-Qaradhawi dan Kebangkitan Rakyat” karya Syeikh Yusuf Al-Qardhawi. Setelah itu kami segenap pengurus KAMMI Daerah Semarang, perwakilan PII, dan juga para tamu mengabadikan momen berharga tersebut dengan berfoto bersama dihalaman kantor sekretariat. (ASK)

By: Departemen Humas KAMMDA Semarang
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger