Home » » Dana BOS Kemana ?

Dana BOS Kemana ?

Written By Agus Subkhi Hermawan on Friday, 25 January 2013 | 1/25/2013 08:20:00 pm


Semarang -  (25/1), sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Gerakan Masyarakat Peduli Anggaran Rakyat (GEMPAR) melakukan demonstrasi  yang di  eks Videotron. Mereka menuntut  agar Pemerintah Kota Semarang (Pemkot) menindak tegas oknum-oknum UPTD yang terindikasi menyelewengkan dana Bantuan Operesional Sekolah (BOS).

Tetrikal Aksi GEMPAR
Aksi yang dimulai sekitar pukul 09.30 berjalan dengan lancar. Terlihat pihak keamanan berjaga-jaga mengawasi jalannya aksi. Secara bergiliran pendemo melakukan orasi didepan gedung DPRD Jawa Tengah.
“Salah satu tujuan dana BOS adalah untuk membebaskan pungutan dari siswa miskin baik sekolah negeri maupun swasta. Jumlah ini sangatlah terbatas untuk menutupi agar tidak terjadi pungutan, namun para oknum malah tega-teganya memanipulasi data, memark-up dana BOS” , tegas Barri Pratama dalam orasinya.

Selain orasi, tuntutan mereka juga  dituliskan dalam selebaran yang dibentangkan oleh sebagian peserta aksi. Bunyi-bunyi tuntutan mereka seperti “Buang Koruptor dari Dunia Pendidikan”, “Pendidikan=Aset Bangsa Jangan Kotori dengan Korupsi”, “Pecat Oknum UPTD”, “BOS Jangan Sampai disalah Gunakan”, “BOS itu Punya Rakyat”.

Kemudian mereka melanjutkan aksi dengan menampilkan teatrikal. Dalam teatrikal tersebut, seseorang  memainkan sebagai oknum UPTD lengkap dengan seragam dinas membawa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan seorang lagi memainkan peran sebagai pelajar miskin. Dalam pertunjukkan itu diperlihatkan sikap oknum UPTD yang melarang pelajar miskin untuk mendapatkan LKS.

Mereka berharap agar dunia pendidikan bersih dari perbuatan-perbuatan kotor  para pengelolanya. Mereka menuntut pemerintah Kota Semarang agar sesegera mungkin memberhentikan oknum-oknum korup dari dunia pendidikan, transparansi penggunaan dana BOS, dan lakukan peningkatan pengawasan dana BOS bersama. (ASK)

By: Departemen Humas KAMMDA
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Redesign Website | AFLAH WEB
Copyright © 2013-2014. Official Website KAMMI Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger